Token Listrik Muncul Tanda 'Periksa', Penyebab dan Cara Atasinya

Token listrik muncul tanda 'Periksa' atau 'Gagal' pasti akan membuat para penggunanya panik. Padahal, ada penyebabnya tersendiri dari masalah semacam ini.


Jika ini terjadi, jangan takut. Sebab, ada tips mengatasi sekaligus mencegah hal ini untuk terjadi lagi.

Token Listrik Muncul Tanda 'Periksa', Penyebab dan Cara Atasinya - Digital Pulsa Murah

Token Listrik Muncul Tanda 'Periksa', Ini Alasannya

Sebagian besar bangunan rumah di Indonesia saat ini sudah menggunakan sistem token listrik. Artinya, pembelian listrik prabayar menggunakan pulsa listrik khusus.


Bagi pengguna listrik token mungkin jarang mengalami error. Namun, kasus kemunculan tanda 'Periksa' atau 'Gagal' cukup sering terjadi pada beberapa pengguna. 


Hal ini pastinya akan membuat pengguna khawatir dan terkejut, apalagi bagi yang baru kali pertamanya mengalami masalah tersebut. Lantas, apa sebenarnya arti dari tulisan tersebut?


Sebenarnya, 'Periksa' atau 'Gagal' yang muncul di kWh meteran rumah menandakan pengisian token listrik gagal dalam sistem. Jadi, pulsa listrik tidak bisa bertambah.


'Periksa' artinya terdapat gangguan di instalasi rumah atau mungkin ada kebocoran listrik. Jika ini terjadi, segera laporkan ke petugas PLN.


Sementara itu, keterangan 'Gagal' bisa terjadi karena meteran memberitahu beberapa kendala, misalnya salah memasukkan angka token, salah nomor meteran dan lain sebagainya. KwH Meter yang sedang diperbarui juga bisa memunculkan tulisan 'Gagal'.


Meteran yang Rusak


Penyebab lainnya yang cukup umum ketika muncul tulisan 'Periksa' atau 'Gagal' adalah karena meteran yang rusak. Bisa jadi meteran sudah terlalu usang karena umur pakai.


Jika meteran sudah rusak, maka sistemnya akan terganggu. Alat tersebut tidak bisa membaca secara akurat sehingga menunjukkan tulisan 'Periksa'.


Penyedia layanan listrik biasanya memiliki program pemeliharaan. Ini bisa pengguna manfaatkan untuk mengatasi token listrik muncul tanda 'Periksa' dengan mengganti meteran tersebut.


Pemakaian Berlebih Daya Listrik


Ternyata, pemakaian secara berlebihan daya listrik juga bisa membuat meteran terganggu. Pemakaian daya listrik ini jadi penyebab lain pesan 'Periksa' muncul.


Ketika beban listrik di rumah melebihi kapasitas yang diizinkan, meteran akan memberikan peringatan kepada pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa memeriksa dan mengevaluasi pemakaian listrik tersebut.


Umumnya ini terjadi ketika ada penambahan peralatan elektronik besar atau perubahan pada kebiasaan pemakaian listrik. Jika berlebihan, lama-lama meteran akan turun dan mati sementara.


Melaporkan Kendala Melalui PLN Mobile


Jika token listrik muncul tanda 'Periksa' atau 'Gagal', pengguna bisa mengajukan laporan ke pihak PLN. Saat ini mengajukan laporan juga jauh lebih mudah.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di smartphone para pengguna. Di sana, pengguna bisa mengadukan berbagai kendala yang mengganggu.
  • Setelah mengunduh, buka aplikasi PLN Mobile dan klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih jenis pengaduan yang ingin pengguna ajukan.
  • Nantinya terdapat kolom yang tersedia. Pengguna bisa masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan atau nomor meter lain. Apabila tidak mengetahui nomor ID pelanggan tersebut, maka bisa tunjukkan lokasi rumah di map yang tersedia.
  • Jika sudah, klik Konfirmasi dan isi data lokasi yang sesuai, klik "Lanjutkan".
  • Dengan begitu, pelanggan akan segera menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx.
  • Klik "OK" agar laporan diteruskan ke pihak terkait. Aplikasi PLN Mobile akan secara otomatis ke halaman Riwayat Pengaduan.


Jadi, sebaiknya jangan langsung panik jika masalah ini terjadi. Sebab, pihak PLN juga sangat kooperatif dalam membantu menyelesaikan masalah.


Ketika token listrik muncul tanda 'Periksa' atau 'Gagal', sebenarnya itu bukan masalah besar. Masalah ini bisa terjadi karena berbagai penyebab dan mengatasinya pun cukup mudah. Jika ingin berbisnis token listrik dengan keuntungan besar, Digital Pulsa adalah solusinya. Anda akan menemukan harga token listrik, pulsa, dan kuota internet yang lebih terjangkau di Digital Pulsa, dan informasinya selalu diperbarui setiap hari. Jadi, tidak perlu ragu untuk mendaftar sekarang!

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE