Biaya Pindah Meteran Listrik 2024 Terbaru, Simak Harganya

Setiap rumah pasti memiliki meteran listrik yang dipasang oleh PLN. Biasanya, meteran listrik ini terletak di bagian depan rumah atau titik strategis lain yang memudahkan akses bagi penghuni maupun petugas PLN. Namun, ada kalanya pemilik rumah perlu memindahkan meteran listrik ini, entah karena renovasi rumah atau alasan lainnya. Lalu, apakah meteran listrik bisa dipindahkan? Bagaimana prosedurnya? Dan berapa biaya pindah meteran listrik terbaru?

Biaya Pindah Meteran Listrik 2024 Terbaru, Simak Harganya - Digital Pulsa Murah

Simak Biaya Pindah Meteran Listrik Terbaru

Meteran listrik atau yang sering disebut kWh meter adalah perangkat yang mengukur pemakaian daya listrik di rumah atau bangunan lainnya. Setiap perumahan, tempat usaha, dan gedung pemerintahan memiliki alat pengukur ini yang dipasang oleh PLN. Fungsi utama meteran listrik adalah untuk mencatat berapa banyak listrik yang digunakan. Sehingga nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik bulanan.


Apakah Meteran Listrik Bisa Dipindah?

Jawabannya adalah bisa, meteran listrik bisa dipindahkan. Namun, proses pemindahan ini harus dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh PLN. Selain itu, pemindahan meteran listrik hanya bisa dilakukan oleh petugas resmi dari PLN. Pemindahan meteran listrik tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa mengakibatkan masalah teknis dan pelanggaran hukum.


Prosedur Pindah Meteran Listrik

Sebelum mengetahui berapa biaya pindah meteran listrik terbaru, pahami terlebih dulu prosedur pemindahannya. Jika Anda berencana untuk memindahkan meteran listrik, berikut adalah langkah-langkah dan persyaratan yang perlu Anda penuhi:


Persiapan Dokumen

Sebelum mengajukan permohonan pindah meteran listrik, pastikan Anda menyiapkan dokumen dan informasi berikut:

  • Nomor ID Pelanggan.
  • Nama dan nomor identitas pemilik (sesuai KTP).
  • Alamat lokasi pengajuan.
  • Nomor telepon pemohon yang aktif.
  • Jika dikuasakan, sertakan surat kuasa bermaterai lengkap dengan nama, alamat, nomor telepon, dan nomor identitas pemohon (sesuai KTP).


Mengajukan Permohonan ke PLN

Setelah semua dokumen lengkap, Anda bisa mengajukan permohonan ke PLN setempat. Proses pengajuan ini bisa Anda lakukan dengan mendatangi kantor PLN atau melalui layanan online PLN.


Survei Lokasi

Setelah permohonan diajukan, petugas PLN akan melakukan survei ke lokasi untuk mengevaluasi kondisi dan menentukan biaya pemindahan. Perlu diingat, pemindahan hanya bisa dilakukan jika masih dalam satu bangunan yang sama dan tidak ada tunggakan tagihan listrik.


Pembayaran

Setelah survei dan jika permohonan mendapatkan ACC atau persetujuan, Anda akan menerima rincian biaya pindah meteran listrik terbaru yang harus Anda bayar. Pembayaran bisa Anda lakukan melalui sarana resmi seperti Kantor Pos, loket mitra PLN, atau ATM bank yang bekerja sama dengan PLN seperti BRI, Mandiri, dan BCA. Jangan melakukan pembayaran di lokasi atau kepada petugas PLN secara langsung.


Proses Pemindahan

Setelah pembayaran selesai, pemindahan meteran listrik akan diproses oleh petugas PLN dalam waktu 3 hingga 10 hari kerja. Pastikan untuk tidak memindahkan meteran sendiri karena bisa berakibat pada sanksi hukum.


Kisaran Biaya Pindah Meteran Listrik

Biaya pindah meteran listrik di tahun bervariasi tergantung hasil survei dari petugas PLN. Secara umum, biaya pemindahan berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribu, belum termasuk PPN 10 persen. Faktor yang mempengaruhi biaya ini meliputi jarak pemindahan dan kondisi instalasi listrik di lokasi baru.


Jadi, pemindahan meteran listrik memang memungkinkan, tetapi harus dilakukan sesuai dengan prosedur resmi yang ditetapkan oleh PLN. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda bisa memastikan proses pemindahan berjalan lancar dan aman. Selalu pastikan untuk menghubungi PLN setempat dan tidak mencoba memindahkan meteran listrik sendiri. Hal ini karena bisa mengakibatkan sanksi dan masalah teknis lainnya. 


Itulah biaya pindah meteran listrik 2024 terbaru yang dapat Anda simak. Nah, jika Anda butuh pulsa listrik atau token listrik, Digital Pulsa merupakan opsi yang baik. Digital Pulsa menyediakan layanan dengan harga yang bersaing dan proses transaksi yang cepat. Di platform ini, tidak hanya tersedia pembelian token, tapi Anda juga dapat menjualnya kembali kepada keluarga dan tetangga di sekitar. Digital Pulsa bahkan telah menyediakan situs promosi khusus untuk membantu Anda memperluas bisnis Anda.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE